• Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur'an MTQ Mahasiswa Nasional~




    Analisis Psikologis Pengaruh Makan Berlebihan terhadap Pengerasan Hati (Qaswah Al-Qalb): Tawaran Solusi Melalui Binge Eating Preventive Program (BEPP)

    Judul di atas adalah karya yang mendapatkan amanah sebagai juara 1 pada MTQ Mahasiswa Nasional XIII bidang Musabaqah Karya Ilmiah Kandungan Al-Qur’an di Padang, 23-29 Juni 2013.

    Sebagai penulis, saya membuka ruang terbuka untuk mendiskusikan karya ini, menerima saran dan masukan untuk pengembangan keilmuan.

    Karya ini dimulai melalui makalah berjudul Ánalisis Psikologis Pengaruh Makan Berlebihan terhadap Pengerasan Hati: Kajian Surah Al-A’raaf 7:31, yang saya ikutkan pada MTQ tingkat Universitas dua tahun silam (tahun 2011). Saat itu, saya duduk di semester kedua dan alhamdulillah, karya tersebut meraih juara 1.

    Beberapa waktu kemudian, saya dihubungi untuk mengikuti seleksi kafilah MTQ Universitas Negeri Malang menuju MTQ Mahasiswa Nasional di Padang. Saya harus berlomba dengan tiga orang pemenang MTQ bidang karya ilmiah tahun 2012 serta kafilah MTQ tahun sebelumnya (di Makassar). Alhamdulillah,  dari hasil seleksi ini saya mendapat amanah untuk mewakili Universitas di MTQ Padang.

    Beberapa ketentuan karya ilmiah Al-Qur’an tahun ini membuat saya dan pembina (Ustadz Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I.) memutar otak untuk merombak karya. Pasalnya, MTQ XIII mengharuskan format PKM-GT dengan pengajuan gagasan/ solusi atas permasalahan yang diangkat. Karya yang menang di tingkat Universitas berupa analisis, jadi tidak masuk kriteria jika dilombakan di tingkat Nasional, begitu pikir kami.

    Melihat ketentuan di tingkat Nasional, saya mencoba berlatih dengan mengikuti Olimpiade Al-Qur’an (OQ) yang diadakan oleh Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an, Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang) bidang Musabaqan Karya Tulis Al-Qur’an. Saat itu, saya membuat makalah berjudul Islamic Premarital Program sebagai Solusi Mengatasi Perceraian di Indonesia. Lomba ini diadakan tingkat Jawa Timur jenjang SMA dan Pondok Pesantren. Saya mewakili Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Putri Nurul Furqon, tempat menimba ilmu disamping kampus Universitas Negeri Malang. Alhamdulillah, mendapat juara kedua.

    Sebagai bentuk ikhtiar lainnya, saya menghubungi pemenang MTQ Karya Ilmiah Kandungan Al-Qur’an tahun sebelumnya (di Makassar), seorang mahasiswi Universitas Gadjah Mada. Saya berkomunikasi via fb dengan beliau. Beberapa masukan saya terima, walaupun belum bisa membaca karya beliau secara utuh. Saya juga menghubungi pemenang tingkat regional Jawa Timur, mahasiswi Universitas Brawijaya, berharap bisa membaca karya seorang pemenang, seperti apa bentuk dan isinya. Saya juga menghubungi pemenang tingkat perguruan tinggi di Institut Pertanian Bogor, yang akhirnya saya tahu juga peserta di MTQ Padang. Alhamdulillah, saya diperkenankan untuk membaca karya-karya mereka untuk melengkapi gambaran dalam kepala saya mengenai karya Ilmiah Kandungan Al-Qur’an.

    Saya merasa karya Islamic Premarital Program sebagai Solusi Mengatasi Perceraian di Indonesia lebih potensial diabawa ke MTQ Padang dibandingkan karya yang terseleksi di tingkat Universitas (Ánalisis Psikologis Pengaruh Makan Berlebihan terhadap Pengerasan Hati: Kajian Surah Al-A’raaf 7:31). Pembina sebaliknya, Beliau lebih condong pada karya di Universitas. Saya menyampaikan jika karya yang makan berlebihan itu tidak ada tawaran solusinya. Beliau menyampaikan jika perceraian merupakan tema umum yang tidak memiliki nilai keunikan. Kami berdiskusi cukup lama. Hingga H-2 pengumpulan karya, tema yang akan diangkat belum pasti.

    Hingga suatu malam, saya menemukan fakta bahwa gagasan solusi perceraian yang saya ajukan telah diaplikasikan di Indonesia melalui Suscatin. Kekukuhan saya kepada pembina harus dikendurkan dan mau tidak mau saya harus mengikuti apa yang pembina sampaikan, menggarap karya makan berlebihan.
    Lampu di pesantren mati dan hari esoknya saya diminta mendaftarkan adik untuk mondok di Ngawi. Karya belum diselesaikan. Tema harus berubah. Saya mencoba untuk tetap berpikir jika karya ini akan selesai, InsyaAllah.

    Urusan pendaftaran adik baru selesai tengah malam (pukul 00.00). Seusai itulah saya baru bisa menyelesaikan karya H-1 menjelang pengumpulan. Ditengah nuansa tenang pondok Gontor, saya mengetik kalimat demi kalimat, merangkainya dengan super cepat. Hanya kurang lebih satu jam waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan karya utuh yang akhirnya saya kirimkan kepada dosen pembimbing untuk dikoreksi sebelum dikumpulkan.

    Alhamdulillah, selesai pengumpulan, 13 Juli 2013.

    Sejujurnya, saya tidak memiliki target untuk menang. Saya hanya mencoba berikhtiar dengan optimal dan untuk urusan hasil, biarlah Allah yang menentukan. Saya bersyukur ketika diumumkan sebagai finalis 10 besar dan benar-benar telah bersiap untuk semua kemungkinan. Hingga pengumuman dibacakan, saya benar-benar terkejut mendengar nomor tampil saya, KT.022 disampaikan meraih juara pertama Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur'an. Alhamdulillah..
    Terlebih, ketika kami mendengar bahwa kampus kami, Universitas Negeri Malang (UM) dinobatkan sebagai Juara Umum MTQ Mahasiswa Nasional XIII. Sujud syukur saya lakukan. Alhamdulillah, haru, bahagia.

    Alhamdulillah..
    Amanah menjadi juara yang Allah titipkan kepada kami,
    Besar harapan agar bisa berbagi dan berdiskusi,
    Untuk mengembangkan keilmuan bernuansa islami,


    Yaa Rabb, jika kemenangan kami membuat bahagia orang-orang di sekeliling kami,
    Maka, sungguh, hamba ini tak kuasa untuk menolaknnya Yaa Rabb, 

    ini saya lampirkan karya saya (klik disini).
    Slide Presentasi Penyisihan (klik disini)
    Slide Presentasi Final (klik disini)
    Semoga bermanfaat. :)


    Salam,
    Asri Diana Kamilin

10 komentar:

  1. Pradina Sweet mengatakan...

    Subhanalah wal hamdulillah,

    selamat ya mbak atas kemenangannya,terus berkarya mbak :D

    semangaaat mbak asri :)

  2. Asri Diana Kamilin mengatakan...

    alhamdulilllah,
    terima kasih d,

    utk ad' juga, semangat mengoptimalkan potensi diri, :)

  3. adi supriawan mengatakan...

    mau minta saran mba??? soalnya di tempat saya juga ada seleksi lomba yg sama ni

  4. Winanda Fikri mengatakan...

    mbak, saya sekarang lagi tahap penyisihan ke provinsi, saran mbak apa aja yang harus saya persiapkan ya? makasih

  5. Asri Diana Kamilin mengatakan...

    Winanda Fikri: penyisihan ke provinsi, berarti MTQ umum ya,
    Persiapan paling utama sering2 mencoba menulis langsung sesuai dengan tema, perdalam tema, diskusi dengan orang2 yg memahami tema tersebut lebih mendalam dari kita.

    Untuk memenangkan sebuah perlombaan, diperlukan strategi. Kalau saya ikut lomba biasanya, saya cari mendalam lomba itu seperti apa, karya sebelumnya seperti apa. Setidaknya, kita punya gambaran utuh tentang lomba itu.

    Intinya, usaha peningkatan kualitas karya (internal) dan melihat perkembangan karya (eksternal).

    sukses ya.. :)
    btw, provonsi mana ini?

  6. Asri Diana Kamilin mengatakan...

    Adi Supriawan: semoga bermanfaat diskusi2nya ya.. sukses.. :)

  7. SAJJATUL HIDZQY mengatakan...

    mohon bimbingannya mb...
    aq baru nyoba ikut lomba gni juga....:)

  8. Asri Diana Kamilin mengatakan...

    Sajjatul Hidzqy: monggo saling berbagi.. :)

  9. Angga K mengatakan...

    kalau mau sharing sama mbk nya soal kti gmn mbk caranya ???

  10. Ismki WILAYAH 4 mengatakan...

    SIp2, mbak Asri Diana Kamilin,
    boleh kirimkan ke email sy KTA dan presentasinya...
    sy ndk bisa downloadnya.
    aguez_e23@yahoo.com

Poskan Komentar